Mengembangkan Bisnis Anda Dengan Menggunakan HRIS




Implementasi teknologi di dunia HRD cepat atau lambat pasti akan terjadi, tergantung dari kesiapan dan kesediaan perusahaan itu sendiri dalam menghadapi perubahan iklim bisnis yang terjadi dengan sangat cepat. Hal ini tentu berbanding lurus dengan semakin tinggi nya penggunaan HRIS sebagai alat bantu untuk HRD dalam mengelola data dan informasi dari para pelamar kerja, dan karyawan di perusahaan.

Sebagai mana kita ketahui bersama, HRIS mampu digunakan sebagai solusi untuk melakukan automatisasi dari begitu banyak pekerjaan harian (daily task) HRD yang bersifat redundant. Pembuatan report absensi, perhitungan uang lembur, pengurusan berbagai macam form izin, hingga mengatasi masalah-masalah pada proses recruitment pun dapat dilakukan dengan cara yang lebih efisien dengan menggunakan HRIS sebagai alat bantu-nya. Dengan menggunakan HRIS, beban kerja HRD pun akan semakin ringan, dan membuat HRD mampu berfokus kepada hal yang lebih penting lain-nya, yaitu sebagai business partner strategic untuk perusahaan.

Fitur dan modul dari HRIS software yang tersedia di pasaran memiliki berbagai macam variasi, dan tipe. Namun secara keseluruhan, tentu saja ada beberapa modul utama yang memang harus dan wajib di miliki oleh sebuah aplikasi HRIS. Untuk memudahkan dalam memilih product HRIS di perusahaan Anda, kami telah merangkum beberapa fitur dan modul utama yang harus ada di dalam sebuah aplikasi HRIS :

1. Attendance System
Pencatatan data absensi yang bisa dilakukan secara otomatis tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi para staff HRD. Oleh karena itu, integrasi antara mesin absensi dengan aplikasi HRIS tentu menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan ketika hendak memiliki product HRIS. Jika mesin absensi sudah ter integrasi dengan sistem, maka pembuatan laporan absensi per bulan yang sebelumnya bisa dikerjakan dalam waktu cukup lama, kali ini akan dengan mudah dan cepat untuk dilakukan. Manfaat lainnnya adalah perhitungan uang lembur bisa dilakukan secara otomatis.

2. Need Employee
Modul ini akan memudahkan Anda dalam mengelola data calon candidate dengan lowongan pekerjaan yang terkait. Integrasi dengan situs resmi perusahaan Anda juga menjadi poin penting dalam keberadaan modul ini. Issue menarik lainnya adalah integrasi dengan smart filter. Jika hal ini bisa terlaksana, tentu akan memudahkan recruiter dalam menentukan candidate terbaik untuk diterima bekerja sebagai karyawaan baru di perusahaan.

3. Employee Data
Employee data merupakan sebuah modul yang sangat vital. Dibuat dan digunakan untuk menyimpan seluruh data dan informasi dari setiap karyawan perusahaan Anda.

4. Employee Self Services
ESS atau employee self services atau yang lebih dikenal di indonesia sebagai portal employee adalah sebuah modul yang memungkinkan karyawan Anda untuk melakukan request untuk berbagai macam hal yang berhubungan dengan HRD, seperti form cuti, lembur, dan form izin lainnya.

5. Payroll Solution
Payroll solution adalah module untuk melakukan perhitungan gaji secara otomatis. Idealnya di dalam payroll solutionini sudah termasuk dengan perhitungan PPH 21, dan e-SPT untuk setiap karyawan.

Perlu diketahui bahwa Payroll Solution merupakan sebuah additional module yang bisa di masukan ke dalam HRIS atau tidak. Mengapa karena sejatinya, HRIS adalah aplikasi yang diperuntukan untuk HRD, sedangkan payroll solution seperti kita ketahui adalah modul yang berhubungan dengan FA (Finance Accounting), sehingga keberadaan module ini bisa di sesuaikan dengan kebijakan perusahaan Anda.


Jika Anda masih ragu untuk memilih product HRIS yang cocok untuk perusahaan Anda, silahkan hubungi pemilik blog ini,  pemilik blog ini akan dengan senang hati untuk membantu Anda.
Load disqus comments

0 komentar