Implementasi teknologi di dunia HRD cepat atau lambat pasti akan terjadi,
tergantung dari kesiapan dan kesediaan perusahaan itu sendiri dalam menghadapi
perubahan iklim bisnis yang terjadi dengan sangat cepat. Hal ini tentu
berbanding lurus dengan semakin tinggi nya penggunaan HRIS sebagai alat bantu
untuk HRD dalam mengelola data dan informasi dari para pelamar kerja, dan
karyawan di perusahaan.
Sebagai mana kita ketahui
bersama, HRIS mampu digunakan sebagai solusi untuk melakukan automatisasi dari
begitu banyak pekerjaan harian (daily task) HRD yang bersifat redundant.
Pembuatan report absensi, perhitungan uang lembur, pengurusan berbagai macam
form izin, hingga mengatasi masalah-masalah pada proses recruitment pun
dapat dilakukan dengan cara yang lebih efisien dengan menggunakan HRIS sebagai
alat bantu-nya. Dengan menggunakan HRIS, beban kerja HRD pun akan semakin
ringan, dan membuat HRD mampu berfokus kepada hal yang lebih penting lain-nya,
yaitu sebagai business partner strategic untuk perusahaan.
Fitur dan modul dari HRIS software yang
tersedia di pasaran memiliki berbagai macam variasi, dan tipe. Namun secara
keseluruhan, tentu saja ada beberapa modul utama yang memang harus dan wajib di
miliki oleh sebuah aplikasi HRIS. Untuk memudahkan dalam memilih product HRIS
di perusahaan Anda, kami telah merangkum beberapa fitur dan modul utama yang
harus ada di dalam sebuah aplikasi HRIS :
1. Attendance System
Pencatatan data absensi yang bisa
dilakukan secara otomatis tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi para
staff HRD. Oleh karena itu, integrasi antara mesin absensi dengan aplikasi HRIS
tentu menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan ketika hendak memiliki
product HRIS. Jika mesin absensi sudah ter integrasi dengan sistem, maka
pembuatan laporan absensi per bulan yang sebelumnya bisa dikerjakan dalam waktu
cukup lama, kali ini akan dengan mudah dan cepat untuk dilakukan. Manfaat
lainnnya adalah perhitungan uang lembur bisa dilakukan secara otomatis.
2. Need Employee
Modul ini akan memudahkan Anda
dalam mengelola data calon candidate dengan lowongan pekerjaan
yang terkait. Integrasi dengan situs resmi perusahaan Anda juga menjadi poin
penting dalam keberadaan modul ini. Issue menarik lainnya adalah integrasi
dengan smart filter.
Jika hal ini bisa terlaksana, tentu akan memudahkan recruiter dalam
menentukan candidate terbaik untuk diterima bekerja sebagai
karyawaan baru di perusahaan.
3. Employee Data
Employee data merupakan
sebuah modul yang sangat vital. Dibuat dan digunakan untuk menyimpan seluruh
data dan informasi dari setiap karyawan perusahaan Anda.
4. Employee Self Services
ESS atau employee self
services atau yang lebih dikenal di indonesia sebagai portal employee adalah
sebuah modul yang memungkinkan karyawan Anda untuk melakukan request untuk
berbagai macam hal yang berhubungan dengan HRD, seperti form cuti, lembur, dan
form izin lainnya.
5. Payroll Solution
Payroll solution adalah module untuk
melakukan perhitungan gaji secara otomatis. Idealnya di dalam payroll
solutionini sudah termasuk dengan perhitungan PPH 21, dan e-SPT untuk
setiap karyawan.
Perlu diketahui bahwa Payroll
Solution merupakan sebuah additional module yang bisa di masukan ke
dalam HRIS atau tidak. Mengapa karena sejatinya, HRIS adalah aplikasi yang
diperuntukan untuk HRD, sedangkan payroll solution seperti
kita ketahui adalah modul yang berhubungan dengan FA (Finance Accounting),
sehingga keberadaan module ini bisa di sesuaikan dengan kebijakan perusahaan
Anda.
Jika Anda masih ragu untuk
memilih product HRIS yang cocok untuk perusahaan Anda,
silahkan hubungi pemilik blog ini, pemilik blog ini akan dengan senang hati untuk membantu Anda.
0 komentar